Kata Ucapan Dan Gambar Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017

Advertisement
Advertisement
Kata Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda - Selamat siang para pembaca setia Kabar Telat dimanapun anda berada. Senang sekali kali ini saya dapat kembali memberikan postingan terbaru. Kali ini saya akan membuat postingan tentang Kata Ucapan Dan Gambar Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa menghibur untuk anda semua.

Di Indonesia, pada setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu mengapa pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Baiklah kali ini saya akan mengulas sedikit terkait peristiwa yang pernah terjadi pada tanggal 28 Oktober ini, semoga bisa menjadi penolak lupa dan penambah wawasan bagi para generasi muda negeri kita ini.

Peristiwa Sumpah Pemuda adalah merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang pada saat itu mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.
http://kabartelat.blogspot.com/

Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.

Gambar/Meme Seputar Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Meme Sumpah Pemuda


Ucapan Sumpah Pemuda


Gambar Ucapan Sumpah Pemuda


Nah, itulah tadi bahasan seputar kata ucapan menyambut peringatan hari sumpah pemuda 28 oktober. Semoga bisa menghibur dan bermanfaat untuk anda semua, juga dengan adanya peringatan sumpah pemuda ini bisa lebih memompa kembali semangat para pemuda Indonesia untuk belajar dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia ini. Jangan sampai negara kita tercinta ini kembali dikuasai oleh bangsa asing, Bangkit Pemuda Pemudi Indonesia !!!

Advertisement