Beberapa Kejadian Penting Di Bulan Shafar

Advertisement
Advertisement
Kejadian Penting di Bulan Shafar - merupakan bulan kedua dalam tahun hijriyyah atau bisa disebut juga bulan qomariyyah. Arti safar sendiri menurut bahasa artinya kosong atau nol. Dikatakan bulan Shafar karena pada jaman dulu penduduk mekah suka meninggalkan dan mengosongkan rumahnya dengan tujuan untuk menyerang musuh.

Banyak mitos yang beredar di sebagian kaum muslim yang menganggap bahwa bulan shafar adalah bulan sial dan penuh dengan balai. Padahal Rosululloh SAW telah bersabda : “Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Shafar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari).

Dalam sejarahnya, banyak sekali kejadian penting yang patut kita ketahui untuk kita sebagai ummat muslim terkait kejadian atau peristiwa penting yang terjadi pada bulan Shafar ini. Berikut ini beberapa kejadian penting yang terjadi dibulan Shafar :

Bulan Shafar

1. Pernikahan Rosululloh dengan Siti Khadijah

Menurut beberapa sumber Rasulullah saw menikahi khadijah rha pada bulan Shafar. Menurut Sirah Nabawiyah yang ditulis oleh Syeikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri Rasulullah muda menikahi khadijah atas prakarsa Nafisah binti Munabbih. Mahar yang diberikan Rasulullah saw berupa unta 20 ekor dengan jarak usia lebih tua khadijah 15 tahun.

2. Peristiwa perang al abwa

Perang pertama yang dihadiri Rosululloh SAW adalah wudan atau abwak untuk menentang kekufuran.

3.  Tragedi bi'ir ma'unah

Peristiwa Bi’ir Ma’unah terjadi pada bulan Shafar tahun 4 H selang beberapa saat setelah tragedi Ar Raji’. Diceritakan dalam Hayat Muhammad karya M Husain Haikal pada waktu itu Rasulullah saw menawarkan keIslaman kepada Abu Bara’ Amr bin Malik. Namun Abu Bara’menolak dengan halus. Kemudian ia menawarkan kepada Rasulullah saw agar mengutus sahabatnya ke Najd untuk mengajak kaum Najd memeluk Islam. Atas jaminan dari Abu Bara’ Rasulullah saw kemudian mengutus Al Mundhir bin Amr dari Bani Sa’idah beserta 40 sahabat pilihan menuju Najd.

4. Peristiwa ar-raji'

Pada tahun ketiga Hijriyah (tetapi ada yang bilang 4 Hijriyah). Sejumlah tujuh orang sahabat Baginda saw diutus untuk mengajar agama Islam kepada kaum ‘Udal dan Al-Qarah, tetapi mereka telah mengkhianati utusan tersebut dengan melakukan serangan tersembunyi di sebuah tempat persinggahan yang bernama Ar-Raji’ di daerah ‘Usfan (kawasan di antara Mekah dan Madinah). Di antara yang menyertai utusan itu Khubaib bin ‘Adiy, Marthad bin Abi Marthad Al Ghanawiy, ‘Asim bin Thabit dan Zaid bin ad-Dathanah. Kesemua sahabat dibunuh di tempat serangan kecuali Khubaib bin ‘Adiy yang dibawa ke Mekah dan dibunuh di sana. Beliau merupakan orang yang pertama menunaikan dua raka’at sunat sebelum dibunuh yang kemudiannya menjadi ikutan sunnah.

5. Kemenangan perang khaibar

Menurut Ibnu Qayim Al Jauziyah dalam Zaadul Maad Sesungguhnya keluarnya Rasulullah r ke Khaibar adalah di akhir bulan Muharram, bukan permulaannya. Fath (kemenangannya) adalah di bulan Shafar.

Perang Khaibar merupakan peperangan kaum muslimin dengan Yahudi di Khaibar karena bersekutu denga Raja Hiraklius. Kaum Muslimin menaklukkan sebuag benteng yang berlapis dengan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengepung dan menembus masuk ke bentng tersebut.

6. Bani udzrah masuk Islam

Bani Udzrah adalah salah satu bani yang mempunyai garis keturunan sampai kepada Qushai salah satu kakek Rasulullah saw. Pada waktu itu datang kepada Rasulullah utusan dari Udzroh pada bulan Shafar, tahun kesembilan sebanyak dua belas orang. Di antaranya Jumroh bin an-Nu’maan. Mereka menyatakan diri memeluk Islam. Rasulullah saw kemudian menceritakan kepada mereka akan datangnya kemenangan atas Syam dan diperanginya Hiraklius hingga akhir imperiumnya.

7. Penaklukan Persia

Peristiwa ini terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab pada tanggal 14 Safar 16 H atau 17 Maret 637 M. Kaum muslimin dibawah pimpinan Saad bin Abi Waqash memperoleh kemenangan atas Persia. Sebelumnya kaum muslimin berperang hebat di qadisiyah (masuk negara Irak) serta menduduki istananya. Saad Bin waqash sebelumnya sempat mengalami luka pedang cukup parah akibat pertempuran. Namun pertempuran berhasil dimenangkan kaum muslimin. 

Itulah beberapa kejadian penting yang terjadi di bulan Shafar, semoga setelah membaca kejadian-kejadian diatas bisa menambah wawasan anda tentang sejarah perjuangan islam di zaman dahulu dan sekaligus bisa memetik hikmah dari kejadian-kejadian tersebut.

Advertisement