Contoh Pidato Singkat Peringatan Isra Mi'raj 2018 Tentang Keagungan Alloh SWT

Advertisement
Advertisement
Contoh Pidato Isra Mi'raj - Berikut ini adalah contoh pidato singkat untuk memperingati perayaan isra mi'raj yang bertemakan "keagungan Alloh". Semoga contoh pidato berikut ini bisa bermanfaat untuk anda semua barang kali bisa menjadi referensi untuk anda yang berniat untuk pidato di acara peringatan Isra Mi'raj nanti. Berikut ini contoh pidato singkat isra mi'raj tentang keagungan Alloh SWT.


السلام عليكم ورحمة ا لله وبركا ته
الحمد لله الذى اسرى بعبده ليلا من المسجد ا لحرام الى المسجد الاقصى  والصلا ة والسلام على النبي المصطفىسيدنا محمد  صلا ة ليس يستقصى  وعلى ا له و اصحا به الذين اتبعوا الى ما النبي اليه وصى
 ( اما  بعد )

قال الله تعالى فى كتا به الكريم وهو اصد ق القا ئلين بسم الله الرحمن الر حيم
سبحا ن ا لذي اسرى بعبد ه ليلا من المسجد الحرام الى المسجد الاقصى الذي با ركنا حوله لنر يه من ا يتنا انه   هو السميع البصىر 

Tiada detak jantung tanpa kehendak-Mu, tiada denyut nadi tanpa izin-Mu, tiada  ayunan kaki tanpa taqdir-MU, karena itulah … tak ada untaian kata yang paling indah kecuali ungkapan puji dan syukur atas segala karuni  Alloh tuhan yang maha pemurah, maha penyayang. Maha menatap dan maha pemberi manfaat.

Alunan sholawat serta salam senantiasa bergema untuk baginda tercinta pembawa kabar bahagia, habib tertinggi anti korupsi, yang mengajarkan kepada kita mana hak dan mana batal, mana the botol mana alkohol, mana arak dan mana teh kotak…. yakni nabi kita Muhammad SAW, juga kepada keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang selalu taat dan patuh atas ajarannya, semoga kita semua termasuk di dalamnya….Amiiiin.

Mengawali pembicaraan saat ini, kita renungi sebuah kejadian luar biasa yang dialami nabi kita tercinta, satu-satunya nabi dan Rasul Alloh yang mengalami hal seperti itu, dan itu merupakan salah satu keistimewaan yang Alloh berikan kepadanya. “isro mi’raj “ itulah suatu peristiwa yang dialami Rasul yang sangat sulit untuk difahami secara rasional.  Bayangkan saja diwaktu yang begitu singkat, Rosul mampu menempuh jarak yang begitu jauh dan belum ada manusia lain yang bisa sampai ke tempat itu.  Rosul berangkat dari masjidil haram di kota mekkah ke masjidil aqso di Palestina. Dilanjutkan dengan mi’raj, yaitu Rasul naik dari masjidil aqso ke  langit sampai ke arasy.  Jarak yang sangat jauh tapi rasul mampu menempuh perjalanan itu hanya dalam waktu satu malam. Sungguh luar biasa.

Contoh Pidato Isra Mi'raj

Hadirin calon penghuni surga yang saya cintai
Tidak semua perselisihan menyebabkan terjadinya huru-hara. Ada juga perselisihan yang menimbulkan banyak hikmah dan manfaat. Seperti terjadinya Isra mi’raj, itupun disebabkan oleh sebuah perselisihan.

Apa yang melatar belakangi peristiwa itu ? Didalam kitab Durrotun nasihin dikisahkan bahwa ada dua penyebab terjadinya isro mi’raj.

Pertama : karena adanya perselisihan diantara dua makhluk Alloh yaitu  langit dan bumi  dimana masing-masing dari keduanya itu merasa dirinyalah yang paling mulia. Pertama tama bumi  mengatakan kepada langit, bahwa aku lebih mulia darimu karena Alloh menghiasi bumi dengan negara-negara yang dengan berbagai kekayaannya, hamparan lautan yang luas, sungai-sungai yang mengalir, pepohonan yang rindang, gunung-gunung yang menjulang tinggi dan lain sebagainya. Bumi pun menjawab dengan jawaban yang lebih, : Aku lebih mulia karena matahari sebagai sumber utama kehidupan di bumi, ada padaku. Begitu juga bulan dan bintang. Bahkan arasy dan surga pun ada padaku. Bumi tak mau kalah, dia menjawab kembali bahwa di bumi terdapat sebuah rumah  yang selalu dikunjungi oleh setiap nabi, rasul, wali dan seluruh orang mu’min yaitu Baitulloh dan mereka semua berthowaf padanya. Dengan cepat langit menjawab lagi : wah itu mah kecil….padaku terdapat baitul makmur  yang merupaan  tempat thawafntya para malaikat, dan padaku terdapat surga yang merupakan tempat kembalinya arwah para nabi dan rasul, serta arwahnya para wali dan orang-orang sholeh…....bumipun tak mau kalah, seraya dia berkata : sesungguhnya sang pemimpin rasul-rasul, penutup para nabi, kekasih alloh dan rahmat seluruh alam, yakni nabi Muhammad SAW  dia tinggal padaku dan menjalankan syari’atnya padaku.

Mendengar jawaban itu, langit terdiam, diam seribu bahasa, sedikitpun dia tak mampu menjawab lagi. Lalu dia memohon kepada Alloh agar orang yang disebut  oleh bumi tadi, didatangkan ke langit dengan harapan langit mendapat kemuliaan seperti kemuliaan yang didapat oleh bumi.  Dan Alloh pun mengabulknnya tepat di malam 27 bulan rojab .

Jadi jelaslah bahwa tidak semua perselisihan menimbulkan perepecahan dan huru-hara, ini malah membawa hikmah dan berkah.

Latar belakang isro mi’raj yang kedua adalah : ketika Alloh berkata :  jibrjibril malam ini janganlah kau bertasbih, azroil jangan kau cabut nyawa manusia pada mala ini….kedua malaikat ini kaget bertanyalah malaikat Jibril, ya Alloh ada apa ini ? apakah hari kiamat telah tiba ? tidak, pergilah kau ke surga, ambil seekor buroq disana dan bawa menghadap kepada Muhammad saw.

Berangkatlh malak jibril ke surga. Disana didapati ada 40.000 ekor buroq sedang digembalakan di taman surga. Dimasing-masing dahiya ada tulisan محمد. Malak jibril melihat ada seekor buroq tertunduk dan menangis. Dihampirilah buroq itu dan ditanya, kenapa kamu bersedih , sementara teman-temanmu riang dan bersenda gurau ? buroq tersebut menjawab dengan jawaban yang sungguh mengharukan, sejak empat puluh ribu tahun yang lalu aku mendengar nama Muhammad,  hatiku terpaut mencintai nya dan aku sangat rindu ingin bertemu dengannya hingga aku tak bisa makan, tak bisa minum. Aku sangat merindukannya. Jibril berkata dengan penuh haru, aku datang untuk membawamu kepada orang yang kamu rindukan. Lalu membawa buroq itu kehadapan nabi Muhammad saw hingga dikendarainya saat perjalanan isro mi’rajItulah sekelumit kisah yang melatarbelakangi isro dan mi’rajnya baginda Rasul.

Hadirin yang saya cintai

Dibalik setiap kejadian pasti terdapat tujuan. Utuk apa rasul diisrokan dan dimi,rajkan ? لنريه من ا يتنا     Alloh ingin memperlihatkan tanda-tanda kebesarn-nya.  Langit yang   begitu megah, arasy yang begitu luas,  ini semua menunjukkan betapa maha perkasa-nya Alloh. Manusia begitu kecil dihadapan Alloh. Betapa tak tau dirinya kita jika selalu membangkang kepada –Nya. Kita sebagai ummat nabi Muhammmad SAW sudah sewajarnya kita mengikuti sunnahnya agar kita kelak mendapat syafaatnya.

Jangan malah sebaliknya. Sunnah rosul lebih sedikit makannya, kalau kita sedikit-sedikit….. makan……. Rasul lebih sedikit tidurnya, kalau kita sedikit-sedikit ….tiduuur. Rasul sedikit-sedikt sholat, sementara kita lebih sedikit sholatnya.

Ingat, kita camkan dalam hati, bahwa sholat merupakan produk dari isro mi’raj yang menempati posisi sangat penting dan menentukan. Sesibuk  apapun kita, sesakit apapun kita, selama akal masih tersimpan di jiwa kita, sholat harus tetap kita tegakkan .

Hadirin calon ahli surga yang budiman
Semoga kegiatan peringatan isro mi’raj kita saat ini, tidak hanya sebatas rutinitas ritual, tapi kita mampu mengaplikasikan dalam kehidupan . amiiiin

Mungkin ini sajalah yang bisa saya sampaikan, trimakasih atas segla perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan.

 اذا السيف يجرح البدن يرجى له شفا ؤه واذا السان يجرح القلب الى اين يطلب الد واء

"Jika pedang lukai tubuh masih ada harapan sembuh, jika lisan lukai hati kemana obat hendak dicari"

Nah, itulah contoh pidato singkat tentang Isra Mi'raj nabi Muhammad SAW. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Semoga dengan adanya peringatan isra mi'raj ini bisa meningkatkan keimanan kita dan juga bisa meneladani sifat-sifat rosulullah SAW, semoga kita semua senantiasa terus berada dalam lindungan dan keridhoan Alloh SWT. Terima kasih Wasslamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh.

Advertisement