Tips Dan Trik Belanja Aman Di Online Shop Supaya Tidak Tertipu

Advertisement
Advertisement
Cara Belanja Aman Di Online Shop - Di zaman dengan teknologi yang modern ini, sudah banyak teknologi canggih yang dapat membantu orang-orang untuk mempermudah aktivitasnya. Termasuk saat berbelanja.

Di zaman sekarang, tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko untuk membeli suatu barang. Cukup dengan internet, sudah bisa berbelanja. Kegiatan ini lebih dikenal dengan belanja online atau online shopping. Namun sayangnya, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun juga ikut bekembang. Penipuan melalui online shopping belakangan ini sangat marak. Untuk itu anda haru berhati-hati agar tidak tertipu. Berikut beberapa tips agar belanja online anda aman dan nyaman :
Tips Dan Trik Belanja Di Online Shop
Tips Dan Trik Belanja Di Online Shop


1. Situs Terpercaya
Sebelum memulai berbelanja online, cari tahu dulu, dimanakah website jual-beli yang terpercaya. Coba browsing dengan seksama. Pelajari, bagaimana cara kerjanya.  Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional dan diakui keamananannya bisa jadi pilihan. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia lewat belanja.com. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.


2. Hindari Yang Terlalu Miring
Jangan tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu miring itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan tidak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka. Hal ini yang patut diwaspadai sekali. terutama di commerce yang berbentuk market place.


3. Kenali Produk
Kalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Agar anda lebih mengenal tentang produk tersebut, dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk. Mulai dari spesifikasi, foto produk dan kelengkapannya, untuk jadi bahan perbandingan. Sehingga pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.


4.Manfaatkan COD
Singkatan yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan transaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar tidak tertipu kalau berbelanja online di forum. Jika seorang tidak bisa atau tidak mau diajak COD, maka kamu patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.


5. Gunakan Rekening Bersama
Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual di forum jual beli ataupun situs commerce classified. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan juga bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga tidak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online, tapi carilah juga jasa rekber yang sudah terpercaya.


6. Kenali Penjual
Lagi-lagi tips untuk belanja di commerce jenis classified maupun forum jual beli. Di sini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, ada baiknya kalau anda mencari tahu asal-usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dll. Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari. jika tidak mau repot, beralih saja ke commerce terpercaya. Karena, reputasinya sudah dikenal, dan bisa diminta pertanggung-jawabannya. Semoga, sekarang belanja online anda bisa lebih menyenangkan.

Baca Juga :
Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur/Insomnia

Advertisement