Cara Mengetahui Kepribadian Orang Lain : Ciri Seseorang Dengan Kepribadian Ambivert

Advertisement
Advertisement
Ciri Kepribadian Ambivert - Selamat malam para pembaca setia blog sederhana Kabar Telat dimanapun anda berada, semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Senang sekali rasanya kali ini bisa kembali memberikan informasi terbaru kepada anda para pembaca semua. Kali ini akan membahas seputar dunia psikologi yaitu Ciri Seseorang Yang Memiliki Kepribadian Ambivert. Semoga dengan membaca postingan ini bisa memudahkan anda untuk mengetahui karakter atau kepribadian sesorang melalui ciri-ciri yang akan dibahas berikut ini.

Ambiver sendiri merupakan salah satu jenis kepribadian seseorang yang berada di tengah-tengah antara Ekstrovert dan Introvert. Seseorang yang memiliki kepribadian ambivert ini bisa berubah-rubah sifat dan karakternya tergantung situasi dan kondisi yang terjadi di sekitarnya, juga mood juga sangat mempengaruhi seseorang berkepribadian ambiver ini. Namun jangan salah, seseorang yang berkepribadian ambiver ini dikatakan sebagai seseorang yang sangat pintar karena bisa menyesuaikan dirinya sesuai keadaan di sekitarnya.

Terkadang kita suka banget cerita apapun kepada orang lain, ketemu sama orang banyak dan ikut kegiatan yang mengharuskan kita bertemu dengan orang-orang. Tapi disisi lain, kita juga kepengen banget sendirian aja. Baca buku dan males berinteraksi sama orang banyak orang. Dengan sikap kita yang kayak gitu, bukan berarti kita nggak punya kepribadian. Itu tandanya kita kita punya kepribadian ambivert. Berikut ini ada 12 tanda kalau kamu punya kepribadian ambivert.


1. Fleksibel di Kegiatan Sosial
Ambivert sangat nyaman di situasi apapun, baik di lingkungan ekstrovert maupun introvert. Mereka yang ambivert akan dengan mudah mengikuti pesta yang riuh. Seorang ambivert juga nggak akan kesulitan jika harus berada di situasi yang tenang dan cenderung membosankan.

2. Tetap Tenang di Situasi Sepanas Apapun
Bagi seorang ekstrovert, tertekan di situasi yang panas membuatnya nggak bisa mikir dan rasanya mau lari dari masalah yang sedang dihadapinya ini. Tapi, buat orang ambivert, jika dirinya dalam situasi sepanas apapun kepalanya masih bisa tetap dingin untuk memikirkan jalan keluarnya.

3. Nggak Suka Berbasa-basi
Basa-basi nggak ada di kamus hidup seseorang berkepribadian ambivert. Mereka lebih suka langsung bicara jujur tentang apa yang dia rasakan atau diam.

4. Terkadang Banyak Bicara, Terkadang Juga Menjadi Pendiam
Orang dengan tipe kepribaidan ambivert sangat pas jika diselegasikan ke sebuah pertemuan atau rapat. Si ambivert akan dengan mudah menjadi pendiam dan mendengarkan pendapat orang lain. Tapi, ia juga dengan mudah berbicara banyak jika dibutuhkan pendapatnya.

5. Bersikap Berbeda Saat Di Lingkungan Sekolah dan di Lingkungan Bermain
Nggak usah heran guys kalau kalian punya teman yang aktif banget di kelas, tapi jadi sangat pendiam pas main bareng saat liburan. Itu bukan berarti dia nggak suka sama kita. Dia seperti itu karena memiliki kepribadian ambivert. Ambivert akan sangat mudah mengubah sikapnya mengikuti dimana dia berada.

6. Senang Mengajak Teman Ketika Menghadapi Situasi Baru
Orang dengan kepribadian ambivert nggak terlalu suka memulai percakapan dengan orang asing dan mereka merasa lebih nyaman kalau bertemu orang baru dengan membawa teman atau seseorang yang dikenalnya. Dengan mengajak teman atau seseorang yang dikenal ke dalam situasi yang baru dihadapinya, akan mengurangi rasa canggungnya.

7. Bisa Beradaptasi Dengan Mudah
Karena dalam dirinya terdapat dua kepribadian yang berbeda, orang ambivert dapat dengan mudah beradaptasi dengan mereka yang memiliki kepribadian introvert maupun ekstrovert. Diantara mereka yang ekstrovert, orang ambivert dengan mudah bergaul tanpa harus merasa terintimidasi. Dan diantara mereka yang berkepribadian introvert, orang ambivert dengan mudah bergabung karena dengan gampangnya mereka mencairkan situasi.

8. Punya Intuisi Yang Kuat
Kemampuan pengamatan terhadap sebuah situasi dan tahu kapan ia harus berkomunikasi atau diam, menjadi kekuatan yang dimiliki oleh mereka yang berkepribadian ambivert. Intuisi yang kuat inilah yang membuat si ambiver tahu kapan dirinya harus bertindak.

9. Gampang Bosan
Orang dengan kepribadian ambivert biasanya gampang bosan. Mereka bisa berada di tempat yang ramai dan berkomunikasi dengan orang banyak. Hal ini nggak berlangsung lama. Mereka kangen sama suasana sepi dimana mereka bisa menghabiskan waktu sendirian. Tapi, ketika orang dengan kepribadian ambivert menghabiskan waktu sendirian, dia akan merindukan kehadiran orang lain untuk berkegiatan bersama.

10. Sulit Membuat Keputusan
Meskipun dengan menggebu-gebu ingin melakukan suatu kegiatan dengan segala rencana yang sudah mulai tersusun, biasanya orang dengan kepribadian ambivert akan sangat sulit untuk membuat keputusan jika dia dihadapkan dengan dua pilihan. Jika seorang ekstrovert akan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan saran orang lain, introvert akan mengambil keputusan sesuai analisanya sendiri, maka ambivert akan mempertimbangkan kedua sumber informasi itu. Hal inilah yang membuatnya sulit dan sangat lama ketika menentukan pilihan.

11. Nggak Terlalu Blak-blakan, Tapi Juga Nggak Terlalu Tenang
Sebagai orang dengan kepribadian ambivert, kita memang mengalami energi yang gampang naik dan turun. Kadang kita suka banget ngomong panjang lebar tapi nggak terlalu blak-blakan dan kadang juga kita bisa bersikap tenang. Hal ini bisa menguntungkan kita. Kita bisa dengan mudah mengutarakan pendapat dan dengan mudah juga kita mendengarkan pendapat orang lain dengan tenang.

12. Punya Semangat Yang Menggebu, Tapi Nggak Lama Butuh Waktu Buat Nge-recharge-nya Lagi
Terkadang kita pengen banget kumpul sama teman-teman atau bersosialisasi dengan tetangga sekitar rumah. Dan terkadang juga kita pengen sendirian membaca puluhan buku yang udah lama kita beli tapi belum kita baca. Bagi seseorang yang berkepribadian ambivert, waktu untuk diri sendiri dan bersosialisasi punya porsi yang sama, dan sama-sama penting. Kita memang punya banyak tenaga dan semangat yang menggebu untuk melakukan sesuatu, tapi di sisi lain kita sangat butuh waktu untuk sendirian atau menyendir untuk me-recharge semangat kita.

Nah, itulah tadi beberapa ciri seseorang dengan kepribadian ambivert. Apakah anda termasuk ambivert ? so, anda bisa merasakannya sendiri. Banyak studi yang mengatakan bahwa orang dengan kepribadian ambivert ini lebih bijak jika dibandingkan dengan seseorang yang berkepribadian ekstrovert atau introvert. Namun tetap, diantara tiga jenis kepribadian yang ada tetap adal sisi negatif dan positifnya, semuanya sama-sama meiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Advertisement